Wabup Amin Turun Langsung Pantau Banjir di Teratai

Wabup Amin Turun Langsung Pantau Banjir di Teratai

18/07/2019 19:09 0 By Yadin

Wabup Amin saat memantau banjir di Desa Teratai. (f.iwan/hms)

Hulondalo.id – Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras turun langsung memantau kondisi rumah warga di Desa Teratai Kecamatan Marisa yang terendam banjir, Kamis (18/7/2019).

Dari hasil turun lapangan, banjir diakibatkan  saluran yang ada di Desa Teratai tidak mampu lagi membendung air yang masuk dari dua jalur yakni dari Desa Bulangita dan air dari Dusun Moduito yang ada di bagian atas Desa Teratai.

Karena sebelumnya, hujan deras terus mengguyur sejak dini hari sampai pagi hari. Dan akibatnya, kurang lebih 60 rumah warga tergenang air dengan ketinggian lutut orang dewasa. Sebagian warga yang tinggal di daerah dataran rendah pun memilih mengungsi ketimbang bertahan di rumah.

Tak lama kemudian, Wabup Amin langsung memerintahkan Dinas PUPR untuk mengeruk kayu-kayu yang dibawa arus serta material yang menimbuni saluran. Disamping itu, wabup meminta BPBD dan Dinas Sosial untuk terus memperhatikan masyarakat.

Kades Teratai Misra Botutihe ikut menambahkan, banjir dadakan tersebut merupakan kiriman air dari Desa Bulangita dan dari Dusun Moduito. “Air yang sangat kencang dan deras itu tidak mampu lagi dibendung oleh plat duicker dan saluran yang ada. Sehingga begitu air masuk dari dua arah dan sudah full di saluran maka masuk ke pemukiman masyarakat. Dikhawatirkan, jika hujan turun lagi maka bisa dipastikan sebagian besar rumah penduduk akan tergenang,” ungkap kades. (Dhin)