Wabup Anas Jusuf Laporkan Pasien Positif Covid-19, Segini Angkanya di Boalemo

Wabup Anas Jusuf Laporkan Pasien Positif Covid-19, Segini Angkanya di Boalemo

13/08/2020 22:08 0 By Narto

Wabup Boalemo Ir. Anas Jusuf MSi didampingi Asisten I Monru Mopangga bersama Kadis Kesehatan Sutriyani Lumula saat mengikuti rapat virtual bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kamis (13/8/2020).(f.humas)

Hulondalo.id – Wakil Bupati (Wabup) Boalemo, Ir. Anas Jusuf MSi mewakili Bupati Darwis Moridu mengikuti rapat secara virtual bersama Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Kamis (13/8/2020).

Rapat tersebut diikuti pula para kepala daerah se Provinsi Gorontalo dalam rangka mencermati perkembangan penyebaran Covid-19. Maklum, wilayah Provinsi Gorontalo sejauh ini untuk angka kenaikan penderita virus corona makin naik tajam.

Dalam kesempatan itu, Wabup Anas Jusuf mengambil lokasi di ruang vicon kantor Bupati Boalemo melaporkan perkembangan Covid-19 kepada Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Yang mana, wilayah Kabupaten Boalemo saat ini tercatat dalam posisi zona orange. Sebab, pasien dinyatakan positif pada minggu ini tinggal tersisa 7orang saja.

“Pasien positif Covid-19 di Boalemo memang sempat naik tajam. Sedikitnya mencapai 238 orang. Paling banyak dari klaster ASN, masing-masing 77 orang di RSTN, 31 orang di Kemenag Kabupaten Boalemo, 42 orang di Dikpora, 3 orang di Dikes dan lainnya dari kalangan masyarakat,” tutur Wabup Anas Jusuf melaporkan.

Nah, dari jumlah tersebut, kini dinyatakan sembuh sebanyak 227 orang. Diantaranya 4 orang meninggal dan tersisa 7 pasien dalam perawatan intensif.

“Adapun langkah serius ditempuh Pemda Boalemo yakni menangani kawasan pasar dengan menerapkan protokol kesehatan bagi pedagang maupu pengunjung pasar. Misalnya menjaga jarak minimal 2 meter dan wajib menggunakan masker serta rutin mencuci tangan yang disediakan,” beber orang nomor dua di Bumi Boalemo ini.

Begitu pula, beberapa instansi terkonfirmasi positif diwajibkan karantina di rumah dan dapat bekerja dari kediaman masing-masing.

Disatu sisi, kata Anas, pihaknya terus mensosialisasikan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat di tingkat bawah. Diperkuat edaran Bupati Boalemo soal larangan nmelaksanakan kegiatan mengumpulkan masa pada malam hari selama pandemi. Misalnya pesta atau resepsi pernikahan.

“Ada pula, edaran Bupati Boalemo terkait pencegahan penerapan adaptasi kebiasan pola hidup baru dan peraturan Bupati Boalemo tentang pedoman tatanan normal disaat pandemi,” tambah Anas Jusuf.

Tak kalah penting lagi, Wabup Anas Jusuf melaporkan penerapan desa tangguh berada di Desa Tenilo Kecamatan Tilamuta.

Suasana rapat virtual Pemda Boalemo bersama Pemprov Gorontalo berlangsung di ruang vicon kantor bupati Boalemo, Kamis (7/8/2020).(f.humas)

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan instruksi kepada para kepala daerah soal penerapan protokol kesehatan secara tegas. Di mana, akan memberikan sanksi berupa denda senilai Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu kepada masyarakat dan lembaga bila enggan mengindahkan protokol kesehatan dengan tidak mengenakan masker saat beraktivitas.

Hal itu dilaksanakan semata-mata mencegah dan menekan penyebaran virus corona di Provinsi Gorontalo sedianya merujuk pada Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.(Narto/adv)