Waduh! Loncat Pagar Berduri, Satu Napi Lapas Pohuwato Kabur

Waduh! Loncat Pagar Berduri, Satu Napi Lapas Pohuwato Kabur

12/11/2019 15:35 0 By Alex

Tampak jaket merah yang tergantung di pagar kawat berduri diduga digunakan narapidana melewati kawat berduri untuk melarikan diri.(F. Yadin)

Hulondalo.id – Satu warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pohuwato kabur, Selasa (12/11/2019). Narapidana berinisial HB alias Sadam (23) itu kabur saat pagi hari sekitar pukul 5.30 Wita.

Informasi yang dihimpun hulondalo.id, napi kabur HB alias Sadam kabur melewati pagar ornamesh Lapas Pohuwato. Itu dibuktikan dengan jaket HB berwarna merah yang tertinggal di pagar ornamesh. Diduga, jaket itu dipakai HB untuk melindungi badannya dari kawat berduri.

Petugas Lapas mengetahui HB kabur saat apel pengecekan pukul 07.30 Wita. Satu dari 196 penghuni Lapas sudah tidak ada. Setelah berkeliling mencari keberadaan HB, petugas Lapas menemukan balok kayu yang digunakan untuk memanjat dan sebuah jaket berwarna merah tersangkut di kawat pagar ornamesh pembatas gedung.

Plh Kalapas Pohuwato, Maidy Ferdy saat ditemui awak media membenarkan hal itu. Kata Maidy, HB merupakan pindahan dari Lapas Gorontalo yang divonis 5 tahun karena terlibat kasus narkoba. Dan sudah sekitar 1 tahun ini menjalani hukuman di Lapas Pohuwato.

“Yang bersangkutan melewati pagar ornamesh. Itu ada jaketnya,” ungkap Maidy.

Saat ini, sedikitnya 3 tim dari Lapas Pohuwato telah diturunkan untuk mencari keberadaan HB.

Maidy juga mengakui, minimnya jumlah personel petugas di Lapas Pohuwato membuat cukup sulit memantau pergerakan setiap warga binaan. Saat ini, total penghuni lapas berjumlah 196 orang. Namun hanya ada 2 petugas saja yang berjaga.

Diketahui, kasus napi kabur ini merupakan peristiwa kedua di Lapas Pohuwato. Sebelumnya pada tahun 2015 silam. (yadin)