Waduk Bone Ulu Solusi Banjir Jangka Panjang, Rusli: Saya Minta Dukungan dan Keikhlasan Rakyat

Waduk Bone Ulu Solusi Banjir Jangka Panjang, Rusli: Saya Minta Dukungan dan Keikhlasan Rakyat

02/08/2020 22:37 0 By Alex

Gubernur Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memberikan santunan kepada perwakilan 50 anak yatim LKS Almarhumah Gorontalo usai kegiatan Du’a lo Ulipu, Ahad (2/8/2020). (F. Salman/Humas)

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kembali mengharapkan dukungan, kesadaran dan keikhlasan masyarakat Gorontalo untuk memperjuangkan pembangunan waduk Bone Ulu sebagai solusi jangka panjang penanganan banjir di Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

“Ini (waduk Bone Ulu) mau tidak mau harus jadi. Saya minta dukungan, kesadaran dan keikhlasan masyarakat,” ucap Gubernur Rusli Habibie usai kegiatan Du’a lo Ulipu atau doa keselamatan untuk negeri yang digelar, Ahad (2/8/2020).

Dikatakan Gubernur Gorontalo, bencana banjir dan longsor sejatinya sudah cukup menjadi pelajaran kepada semua pihak untuk tidak lagi merusak alam.

Penebangan hutan di hulu dan masalah sampah di hilir, lanjut Rusli, sudah harus mendapat perhatian dan kepedulian bersama.

“Alam kita sudah rusak. Misalnya soal menanam jagung. Sejak 3 tahun terakhir kita kampanyekan untuk tidak lagi menanam jagung di bukit dan gunung dengan kemiringan di atas 45 derajat. Bantuan diganti dengan bibit pohon tahunan yang ramah lingkungan,” terang Rusli.

Gubernur Rusli Habibie pun menyodorkan 3 solusi, yakni solusi jangka pendek dengan memperbaiki tanggul rusak, solusi jangka menengah untuk pengerukan delta, dan solusi jangka panjang untuk pembangunan waduk Bone Ulu.

“Saya sudah sampaikan ini ke Bappenas. Alhamdulillah, Pak Suharso (Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa) siap membantu. Ini (waduk Bone Ulu) mau nggak mau harus jadi,” tandas Rusli.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Gorontalo melaksanakan Du’a lo Ulipu atau doa keselamatan negeri. Doa tersebut sebagai bentuk munajat kepada Allah SWT agar negara ini, khususnya di Provinsi Gorontalo dijauhkan dari segala macam bencana dan wabah.

Doa turut dihadiri langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Syafrudin Baderung. Doa yang diawali dengan dengan sholat Isya berjamaah dan pembacaan barzanji ini pun dipimpin oleh Ustadz Marwan Saleh dan Ustadz Muhammad Akadji.

Usai kegiatan doa, sedikitnya 50 anak yatim dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Almarhumah Gorontalo diberi santunan.(adv/Alex)