Waduk Bone Ulu Solusi Banjir, Pedro: Harus Jadi Agenda Prioritas Bersama

Waduk Bone Ulu Solusi Banjir, Pedro: Harus Jadi Agenda Prioritas Bersama

15/07/2020 17:02 0 By Alex
Waduk Bone Ulu

Wakil Ketua DPRD Bone Bolango, Zainudin Pedro Bau.

Hulondalo.id – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bone Bolango, Zainudin Pedro Bau mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mengevaluasi sekaligus bekerjasama dalam rangka pengendalian musibah banjir dan bencana alam baik di Bone Bolango maupun Kota Gorontalo, belakangan ini.

“Saya mengajak kita semua untuk mengevaluasi dan menyeriusi total sistem pengendalian banjir dan bencana alam dari hulu sampai hilir. Salah satu yang harus kita sambut, seriusi dan secepatnya kita respons adalah niat dan ikhtiar pemerintah pusat melalui Pemprov Gorontalo membangun Waduk Bone Ulu di Suwawa Timur,” tegas Pedro saat menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Dapil Bone Bolango, Irwan Mamesah, Selasa (14/7/2020).

Dijelaskan kembali Pedro, waduk Bone Ulu atau yang dulunya disebut waduk Dumbaya Bulan sejatinya akan dimasukkan dalam proyek strategis Nasional pemerintahan Presiden Joko Widodo pada periode pertama.

Namun belakangan dicoret karena kurangnya sosialisasi atas kajian dampak dan manfaat Waduk Bone Ulu sehingga menimbulkan polemik.

Namun demikian, Gubernur Gorontalo telah mengajak elemen masyarakat untuk studi banding ke bendungan Bili-bili Sulawesi Selatan dan waduk Cirata Jawa Barat.

“Masterpla-nya ini ‘kan sudah ada, tinggal implementasi perlu lebih detail lagi kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Mumpung pak Gubernur Rusli Habibie memiliki hubungan emosional yang sangat baik dengan pak Suharso (Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa), mari kita manfaatkan hubungan baik kedua tokoh putra Gorontalo ini menjadi agenda bersama,” sambung Ketua DPD Golkar Bone Bolango itu.

Terakhir, Pedro menekankan bahwa sudah saatnya waduk Bone Ulu menjadi opsi terkini dan agenda prioritas bersama, disamping rehabilitasi hutan, lahan dan reboisasi.

“Saya kira tidak bisa tidak, ini harus segera dikerjakan, dampak banjir ini sudah sangat terasa. Sampai kapan masyarakat kita di teror setiap saat oleh banjir? Ribuan rumah lahan pertanian, perkebunan, infrastruktur, sekolah, jalan dan jembatan yang rusak dan bahkan hanyut,” kata Pedro.

“Jika ini tak segera ditindaklanjuti, saya khawatir kejadian serupa dengan skala yang lebih besar akan terjadi dan mengakibatkan dampak yang lebih merugikan,” sambung dia.(adv/Alex)