Waduk Bukan Hanya untuk Warga Kota Gorontalo, Rusli: Sekarang Bone Bolango juga Banjir

Waduk Bukan Hanya untuk Warga Kota Gorontalo, Rusli: Sekarang Bone Bolango juga Banjir

03/07/2020 21:50 0 By Alex
Gubernur Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat memantau bendung Alale di Kabupaten Bone Bolango, Jumat (3/7/2020).

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie terus memantau sejumlah titik terdampak banjir di wilayah Kota Gorontalo dan Bone Bolango, Jumat (3/7/2020).

Dengan menyusuri wilayah yang tergenang air di Kelurahan Bugis Kota Gorontalo dan Desa Alale Kabupaten Bone Bolango, Gubernur Rusli Habibie mengaku khawatir jika musibah kali ini akan lebih besar dari peristiwa banjir yang terjadi 3 pekan sebelumnya.

Selain meminta aparat yang ada di lapangan siaga, Gubernur Gorontalo juga menghimbau agar masyarakat segera mengungsi secara mandiri mencegah kemungkinan-kemungkinan terburuk.

“Saya sudah perintahkan BPBD Provinsi untuk turun malam ini juga, lengkap dengan bantuan dan tim medis untuk mengevakuasi warga,” kata Gubernur Rusli Habibie didampingi Kapolda Gorontalo Irjen Pol Adnas, Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito dan Anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah.

Di tempat yang sama, sejumlah warga pun mulai mengamini solusi pembuatan waduk yang akan diperjuangkan oleh Gubernur Gorontalo agar dapat dibiayai oleh pemerintah pusat.

“Tidak ada solusi lain, tinggal waduk solusinya. Tiba curah hujan tinggi begini, air akan dilepas pelan-pelan dari waduk agar tiba di Gorontalo tidak meluap ke pemukiman warga,” ujar Rusli.

Ditekankan Rusli pula, pembangunan waduk bukan untuk kepentingan masyarakat di Kota Gorontalo saja, melainkan warga di Kabupaten Bone Bolango.

“Siapa bilang waduk hanya untuk kepentingan warga Kota Gorontalo? Sekarang Bone Bolango juga banjir. Beberapa kecamatan sudah terendam. Bahkan saya dapat laporan waktu di Alale tadi, ada beberapa desa yang terisolasi karena aksesnya putus dihantam banjir,” tegas Rusli.(adv/alex)