Wagub Gorontalo Buka Bimtek Analisis Kerangka Ekonomi Makro

Wagub Gorontalo Buka Bimtek Analisis Kerangka Ekonomi Makro

25/06/2019 19:09 0 By Alex

Bimtek Analisis Kerangka Ekonomi Makro Daerah dan Workshop Tracking Monitoring dan Report Data SDGs Provinsi Gorontalo, yang digelar oleh Bapppeda Provinsi Gorontalo di Hotel Melia, Makassar, Selasa (25/6/2019).

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim membuka kegiatan Bimtek Analisis Kerangka Ekonomi Makro Daerah dan Workshop Tracking Monitoring dan Report Data SDGs Provinsi Gorontalo, yang digelar oleh Badan Perencanaan, Penelitian Pengembangan Daerah (Bapppeda) Provinsi Gorontalo, di Hotel Melia, Makassar, Selasa (25/6/2019).

Wakil Gubernur Idris Rahim menyampaikan, bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi ASN di bidang perencana sekaligus menyamakan persepsi untuk mengetahui arah yang akan menjadi kebijakan, sasaran serta prioritas pembangunan dan juga penguatan sinergi kerangka ekonomi makro antara pusat dengan provinsi maupun kabupaten/kota.

“Tujuan utama pelaksanaan bimtek ini agar sinegritas ASN bisa lebih baik lagi terhadap pembangunan Provinsi Gorontalo. Karena memang sinegritas seluruh ASN baik di pusat, provinsi dan kabupaten/kota bisa mewujudkan percepatan pembangunan Provinsi Gorontalo,” kata Wakil Gubernur Idris Rahim.

Tahun 2020 menjadi tahun ketiga RPMJ periode 2017-2022 dalam mendorong pembangunan sosial ekonomi, dimana fokus utamanya adalah menurunkan angka kemiskinan. Disamping itu pula, kata Idris, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sejak tahun 2018 sebesar 6,15% tetap akan ditunjang oleh infrastruktur yang strategis yang telah, sedang dan akan dilaksanakan. Termasuk pula di dalamnya mendorong sektor pariwisata, industri dan pertanian, utamanya produksi jagung.

“Kedepan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sehingga sangat dibutuhkan komitmen kita semua untuk tetap fokus pada penganggaran melalui money follow program prioritas,” ungkap Wakil Gubernur Idris Rahim.

Terkait percepatan pencapaian SDGs, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah membuat Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Daerah untuk pembangunan berkelanjutan, dimana ada 17 tujuan pembangunan berkelanjutan yang dikelompokkan menjadi 5 tujuan utama.

“Yang menjadi kewenangan kita di provinsi ada 152 kewenangan atau 64,68% yang langsung didukung pemerintah Provinsi Gorontalo melalui 8 program unggulan. Tak lupa pula apresiasi kami sampaikan untuk Bapppeda yang telah berinisiasi melalui dukungan tim ahli yang telah merancang aplikasi E-SDGs bebasis online yang dapat digunakan sebagai penginputan indikator SDGs,” kata Wakil Gubernur Idris Rahim.

Pelaksanaan Bimtek dan Workshop ini diikuti oleh kepala Sub Bagian (Subag) Program dan Perencanaan baik dari provinsi maupun kabupaten/kota se-Gorontalo dan dihadiri pula oleh Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo Budianto Sidiki, Direktur Jasa Keuangan BUMN, M. Cholifihani, Kementrian PPN/Bappenas dan dari pihak Bank Indonesia, Laode M. Akbar, Manager Fungsi Pengembangan UMKM sebagai pemateri Bimtek dan Workshop.(usman)