Wagub Ingin Polteknik Gorontalo Alih Status Jadi Politeknik Negeri

Wagub Ingin Polteknik Gorontalo Alih Status Jadi Politeknik Negeri

03/12/2020 23:04 0 By Alex

Politeknik Gorontalo

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim memberikan sambutan pada pembukaan webinar memperingati Dies Natalis ke-12 Politeknik Gorontalo yang berlangsung secara virtual, Kamis (3/12/2020). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim membuka webinar Nasional “Solusi Sains dan Teknologi di Tengah Pandemi Covid-19” dalam rangka Dies Natalis ke 12 Politeknik Gorontalo, Kamis (3/12/2020).

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Idris Rahim mengatakan, di usianya yang ke-12 Politeknik Gorontalo harus bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa dan lulusannya sehingga memiliki daya saing di tengah persaingan global.

“Solusi pengembangan SDM Gorontalo adalah pendidikan vokasi sebagai pendorong kemajuan daya saing bangsa dan daerah,” kata Idris.

Pendidikan vokasional yang dibutuhkan di Provinsi Gorontalo sesuai potensi daerah antara lain kelautan, perikanan, peternakan, pertanian, pertambangan dan energi, serta pariwisata.

Dalam rangka memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan daerah, Idris pun meminta Politeknik Gorontalo untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kualitasnya, baik secara kelembagaan maupun dalam proses pembelajaran.

“Segera lakukan alih status menjadi Politeknik Negeri. Pilihannya, bergabung dengan Universitas Negeri Gorontalo atau berdiri sendiri. Semoga ke depan Politeknik Gorontalo akan semakin eksis,” harapnya.

Sebelumnya, Politeknik Gorontalo berdiri pada tahun 2008 berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 79/D/O/2008 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Politeknik Gorontalo tertanggal 22 Mei 2008, serta Peraturan Daerah Provinsi Gorontalo Nomor 9 Tahun 2008 tentang Politeknik Gorontalo.

Saat ini Politeknik Gorontalo memiliki 3 program studi, yaitu Mesin dan Alat Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, serta Teknik Informatika.(adv/alex)