Wagub Panggil TPID Bahas Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadan

Wagub Panggil TPID Bahas Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Ramadan

23/04/2019 16:50 0 By Alex

TPID Gorontalo

Wakil Gubernur Idris Rahim saat memimpin rapat bersama TPID membahas antisipasi lonjakan harga bahan pokok jelang bulan suci Ramadan.

Hulondalo.id – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadan, Wakil Gubernur Idris Rahim mengundang Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Selasa (23/4/2019).

“Bulan suci Ramadan tidak lama lagi. Kita perlu melakukan antisipasi karena hukum ekonomi akan berlaku jika permintaannya banyak, harga pasti naik,” ungkap Wakil Gubernur Idris Rahim saat menggelar high level meeting atau rapat tingkat tinggi pengambil kebijakan.

Hadir sejumlah instansi terkait diantaranya perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, BPS Provinsi Gorontalo, Satgas Pangan Polda Gorontalo, Bulog, Hiswana Migas, PLN serta TPID kabupaten/kota.

Wakil Gubernur Idris Rahim mengatakan, fenomena yang terjadi di Gorontalo khususnya menjelang bulan suci Ramadan hingga menjelang Idul Fitri, jumlah permintaan bahan pokok dan barang strategis lainnya cenderung meningkat.

Olehnya, harus diantisipasi sejak dini dengan memastikan pasokan bahan pokok, distribusinya berjalan dengan baik sehingga harganya bisa terjangkau.

TPID provinsi, kabupaten/kota, kata Idris, harus melakukan langkah strategis diantaranya melakukan sinergi dalam memonitoring pasokan, distribusi dan harga bahan pokok, termasuk melakukan stabilitas harga melalui pasar murah dan operasi pasar.

“Saya heran, puasa itu harusnya menahan diri, tetapi justru masyarakat kita terlalu boros. Untuk itu saya juga berharap masyarakat lebih sederhana dalam Ramadan dan Idul Fitri nanti,” pinta Wakil Gubernur Idris Rahim.

Sebelumnya, sesuai data BPS, Triwulan I 2019 terjadi deflasi sebesar -0,40%. Sementara laju inflasi dari tahun ke tahun pada bulan Maret sebesar 1,56% (year on year/yoy).(usman)