Wagub Serahkan LKPD Unaudited 2020 kepada Perwakilan BPK Gorontalo

Wagub Serahkan LKPD Unaudited 2020 kepada Perwakilan BPK Gorontalo

30/03/2021 20:11 0 By Alex

LKPD Unaudited

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat menyerahkan LKPD Unaudited Tahun Anggaran 2020 kepada Kepala BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo Dwi Sabardiana, Selasa (30/3/2021).(F. Gusti)

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2020 kepada Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Gorontalo, Dwi Sabardiana, Selasa (30/3/2021).

“Hari ini saya menyerahkan LKPD yang telah diperiksa agar menjadi lampiran pada Rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020. Ini merupakan bukti nyata Pemprov Gorontalo memiliki komitmen yang kuat mewujudkan Nawacita kedua Presiden Joko Widodo yaitu membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya,” ujar Wakil Gubernur Idris Rahim.

Dikatakan Idris, sesuai ketentuan UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, pelaksanaan APBD tahun 2020 sebagaimana yang tertuang dalam Perda Nomor 10 Tahun 2019 dan diubah dengan Perda Nomor 23 Tahun 2020 tentang Perubahan APBD, wajib dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui DPRD.

Selanjutnya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah menyatakan bahwa LKPD disampaikan kepada BPK paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir, setelah dilakukan review oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sesuai ketentuan perundang-undangan.

Secara umum, LKPD terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan.

LKPD Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2020 menyajikan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer ke kabupaten/kota dan bantuan keuangan, silva, aset serta kewajiban dan ekuitas.

“Atas nama Pemprov Gorontalo saya mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPK RI Gorontalo semoga kerja sama yang sudah terjalin selama ini bisa mewujudkan sistem pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel, transparan dan tertib sehingga bermanfaat dan bernilai tambah untuk peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik,” pungkasnya.(adv/alex)