Wagub Serukan TPID Gorontalo Tetap Konsisten Jaga Inflasi

Wagub Serukan TPID Gorontalo Tetap Konsisten Jaga Inflasi

13/10/2020 20:51 0 By Alex

TPID Gorontalo

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat memimpin High Level Meeting TPID Provinsi Gorontalo di Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Selasa (13/10/2020). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengharapkan stakeholder yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk tetap konsisten menjaga stabilitas inflasi di Gorontalo tetap terkendali.

“Walaupun di tengah pandemi Covid-19, tingkat inflasi kita tetap terkendali. Ini semua berkat koordinasi dan sinergitas TPID provinsi dan kabupaten kota,” ucap Wakil Gubernur Idris Rahim saat memimpin High Level Meeting TPID Gorontalo yang digelar di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Selasa (13/10/2020).

Salah satu langkah untuk menjaga stabilitas inflasi sesuai target 3% plus minus 1%, Idris menyerukan TPID untuk menjaga stabilitas harga, menjaga ketersediaan pasokan, mendorong kelancaran distribusi serta membangun komunikasi yang efektif.

Selain itu, Idris juga mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk segera membelanjakan anggaran pemerintah untuk membantu dan mendorong daya beli masyarakat.

“Segera belanjakan anggaran pemerintah untuk bisa membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” ujar Idris.

Sebelumnya terungkap, pada bulan September 2020 Gorontalo mengalami deflasi sebesar -0,06%. Sementara inflasi tahun kalender tercatat 0,23%, jauh dari target 3% plus minus 1%. Sedangkan jika dibandingkan dengan September 2019, inflasi Gorontalo tercatat 0,21% (year on year/yoy).(adv/alex)