Walikota Blitar Bangga Saat Resmikan Program Kota Tanpa Kumuh di Kelurahan Sananwetan

Walikota Blitar Bangga Saat Resmikan Program Kota Tanpa Kumuh di Kelurahan Sananwetan

01/09/2020 09:08 0 By Maman

Walikota Blitar, Santoso saat meninjau Kelurahan Sananwetan yang diresmikan dalam program Kota Tanpa Kumuh tahun 2020. (foto:blitarkota.go.id)

Hulondalo.id – Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) diresmikan Walikota Blitar, Santoso di Kelurahan Sanawetan Kecamatan Sananwetan. Walikota mengaku bangga setelah melihat perubahan di kelurahan tersebut.

“Saya datang kesini jadi sangat bangga, sakarang rumah, jalan lingkungan bersih dan tertata rapi dengan adanya trotoar dan bunga hias, warganya juga ramah-ramah, harapan saya semoga Kota Blitar menjadi kota yang sehat,” kata Walikota, Senin (31/08/2020).

Program ini kata Walikota, satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh di Indonesia, dan mendukung gerakan 100 persen akses universal air minum, 0 persen pemukiman kumuh, dan 100 akses sanitasi layak.

Arah kebijakan pembangunannya kata Walikota, membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah dan kota serta komunitas. Program ini juga, akan menangani daerah kumuh serta membangun platform kolaborasi, melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakatnya.

“Pemerintah daerah memfasilitasi komunikasi dengan komunitas, akan menangani daerah kumuh melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat,” kata Walikota.

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan serta demi suksesnya program ini, dimasing-masing Kelurahan mendapatkan tim pendamping dari Kementerian PUPR. Secara pribadi kata Walikota, menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada tim yang telah bekerja keras, untuk mewujudkan Sananwetan menjadi bagian dari Kotaku. (Anang/Adv)