Walikota Gorontalo Gelar Adat Mohuluta Pitara Ramadhan dan Tumbilotohe

Walikota Gorontalo Gelar Adat Mohuluta Pitara Ramadhan dan Tumbilotohe

08/05/2021 22:53 0 By Alex

Walikota Gorontalo Marten Taha saat prosesi Mohuluta Pitara atau tradisi mengantarkat zakat fitrah kepada tokoh ulama atau tokoh adat, Sabtu (8/5/2021)

Hulondalo.id – Walikota Gorontalo Marten Taha melakukan adat Mohuluta Pitara sebagai tradisi di Gorontalo setiap bulan suci Ramadhan dan pada saat malam ke 27 Ramadhan atau menyambut malam Lailatul Qadar.

Walikota Marten Taha mengatakan, Mohuluta Pitara adalah mengantarkan zakat fitrah pada tokoh ulama atau adat serta orang yang dianggap mampu untuk bisa memegang amanah dalam menyalurkan zakat fitrah.

“Tradisi ini selalu dilestarikan sebagian masyarakat Gorontalo untuk mempraktikkan adat Mohuluta Pitara di setiap penghujung bulan suci Ramadhan,” kata Marten, Sabtu (8/5/2021).

“Saya bersama istri sudah memberikan zakat fitrah kepada Qadhi dan tokoh adat di Kota Gorontalo, dan Insya Allah beroleh berkah dari Allah SWT,” ujar Marten.

Di samping itu, Walikota Gorontalo menggelar tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu di depan rumah jabatan walikota dan akan diikuti oleh seluruh rumah-rumah di Kota Gorontalo.

“Tapi, karena kita melarang adanya festival dan perayaan-perayaan kegiatan yang sifatnya seremonial. Maka, tahun ini pasang lampu hanya dipasang begitu saja di depan rumah masing-masing,” terangnya.

Marten menambahkan, ini adalah tradisi masyarakat Gorontalo yang wajib dilestarikan, dirawat dan diwariskan kepada generasi penerus.

“Sebab, Gorontalo berfalsafah adat bersendikan syara, syara bersendi kitabullah,” tutupnya. (Inkri/Adv)