Walikota Marten Evaluasi Realisasi APBD Kota Gorontalo Triwulan I Tahun 2021

Walikota Marten Evaluasi Realisasi APBD Kota Gorontalo Triwulan I Tahun 2021

14/04/2021 14:05 0 By Maman

Marten Taha

Walikota Gorontalo, Marten Taha.

Hulondalo.id – Realisasi APBD Kota Gorontalo Triwulan I tahun 2021, tak mencapai target, baik itu realisasi fisik maupun keuangan. Walikota Gorontalo, Marten Taha mengakui, kondisi ini berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat.

Hingga akhir Maret 2021 kata Walikota, realisasi fisik yang tercapai sebesar 12,67% dari target 24,72%. Sementara realisasi keuangan yang dicapai 8,85% dari target 22,12%.

“Ini juga disebabkan karena sistem yang berubah dari SIMDA menjadi SIPD,” kata Walikota dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penyerapan Anggaran yang dilakukan oleh OPD, Rabu (14/4/2021).

Meski begitu kata Walikota, masih ada 3 triwulan lagi untuk melaksanakan program dan kegiatan. Pandemi Covid-19 juga kata dia, berdampak pada struktur keuangan pemerintahan pusat dan daerah untuk pemotongan anggaran, refocusing, dan realokasi anggaran.

Walikota berharap, bagi OPD penerima DAK, Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), agar tetap mengacu pada prosedur dan ketentuan yang ada. Dan bagi pimpinan Unit/Instansi kata Walikota, selalu peka terhadap tupoksi dan penyerapan anggaran, sekaligus antispasi sedini mungkin agar tidak berkembang menjadi permasalahan yang kompleks.

“Dalam pelaksanaan program/proyek pembangunan, agar selalu berpedoman pada peraturan perundangan-undangan yang berlaku, terutama yang berkaitan dengan Sistem Akuntabilitas Keuangan,” harap Walikota. (MG01/Adv)