Warga Adukan Aktivitas Galian C di Dutohe, Sofyan: Akan Ditindak Lanjuti

Warga Adukan Aktivitas Galian C di Dutohe, Sofyan: Akan Ditindak Lanjuti

12/07/2021 21:38 0 By Jeffry

Ketua Komisi II Sofyan Wahidji

Hulondalo.id – Ketua Komisi II DPRD Bone Bolango (Bonebol) Sofyan Wahidji memastikan akan menindaklanjuti aduan masyarakat terkait aktivitas pertambangan galian C yang ada di wilayah aliran sungai Bone, Desa Dutohe, Kecamatan Kabila.

“Terkait persoalan ini kita akan tindaklanjuti,” ujar Sofyan Wahidji usai menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama pihak pemerintah kecamatan dan desa setempat, Senin (12/07/2021).

Hanya saja kata dia, pemerintah kecamatan dan desa setempat punya peran dan kewenangan penuh dalam memediasi persoalan antara masyarakat dengan pihak pengelola pertambangan.

“Namun sebelum ditindaklanjuti, kami meminta pemerintah kecamatan dan desa setempat dapat memediasi hal ini terlebih dahulu sesuai berita acara yang telah disepakati bersama. Setelah itu hasilnya kami akan tindak lanjuti,” tuturnya.

Lebih lanjut Sofyan menjelaskan dalam mengambil keputusan, pihaknya tidak serta merta dan mempunyai kewenangan untuk mencabut izin aktivitas pertambangan tersebut.

Sebab kata dia, semuanya harus berdasarkan aturan dan mekanisme yang berlaku. Apalagi izin yang dimiliki pihak perusahaan berdasarkan rekomendasi TKPRD dan pihak lingkungan hidup.

“Kami tidak mempunyai kewenangan untuk mencabut izin perusahaan. Sebab kami hanya sebagai lembaga politik yang hanya bisa memediasi persoalan tersebut. Berdasarkan aturan, izin dari perusahaan itu berada di pemerintah provinsi, berdasarkan rekomendasi TKPRD dengan pihak lingkungan hidup,” jelas politisi Partai Golkar itu.

Sofyan berharap persoalan ini segera terselesaikan sesuai harapan bersama. Agar kedepan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.(Jeff/Adv)