Warga Binaan Lapas IIA Gorontalo Mulai Pulih, Ini Penjelasan Dokter Lapas

Warga Binaan Lapas IIA Gorontalo Mulai Pulih, Ini Penjelasan Dokter Lapas

10/05/2021 14:25 0 By Maman

Warga Binaan Lapas Dirawat

Warga binaan Lapas Kela IIA Gorontalo saat dirawat di rumah sakit, usai diduga keracunan. (foto:inkri)

Hulondalo.id – Warga binaan Lemabag Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Gorontalo mulai pulih pasca diduga keracunan usai buka puasa bersama, Ahad (9/5/2021). Dokter Lapas, dr. Sriyolanda Djafar mengatakan, warga binaan yang dibawa ke rumah sakit, masih akan menjalani isolasi mandiri.

dr. Sriyolanda mengatakan, mereka yang dilarikan ke rumah sakit saat gejala, kini sudah membaik dan bisa dipulangkan. Namun, akan dilakukan isolasi mandiri kepada tahanan tersebut.

“Karena mereka dari luar, sebab ini protokoler kesehatan yang ditetapkan di dalam Lapas kelas IIA Gorontalo ini walaupun mereka tidak sempat 1×24 jam di rumah sakit, akan tetapi mereka akan diisolasi mandiri selama 14 hari,” ungkapnya, Senin (10/5/2021).

Dia juga menjelaskan, sejak semalam pihak rumah sakit sudah menelepon ke pengelola Lapas karena tahanan sudah membaik setelah penanganan 1-2 jam oleh rumah sakit.

“Mereka hanya mual, diare, tidak ada yang sampai syok, kita yang berada di Lapas sudah panik semuanya, kami juga sudah tidak bisa membedakan mana yang harus dibawa atau tidak dan pada intinya kami hanya penyelamatan saja,” tegas dr. Sriyolanda.

dr. Sriyolanda juga menambahkan, hasil analisis makanan dari balai BPOM akan di konfirmasi kembali.

Sebelumnya, 110 warga binaan Lapas kelas IIA Gorontalo diduga keracunan, usai buka puasa bersama. dr. Sriyolanda menjelaskan, yang bergejala itu memang jumlahnya ratusan. Namun yang dilarikan di rumah sakit berjumlah 49 tahanan.

“Varian menu makanan buka puasa itu berbeda-beda, mulai dari bubur ayam, kue, ada juga makanan yang di antar oleh pihak keluarga kepada tahanan di Lapas,” ungkapnya. (Inkri)