Warga Boliyohuto cs Panik, Banyak Pemudik Tak Diperiksa Petugas Medis

Warga Boliyohuto cs Panik, Banyak Pemudik Tak Diperiksa Petugas Medis

25/05/2020 23:16 0 By Alex

Tokoh masyarakat Boliyohuto cs, Gunawan SH.

Hulondalo.id – Warga Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, belakangan ini panik bukan kepalang dengan kehadiran para pemudik yang datang sejak menjelang lebaran Idul Fitri lalu.

Pasalnya, para pemudik tersebut juga datang dari zona merah, sebut saja dari wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) maupun Sulawesi Utara (Sulut), terutama dari wilayah Manado. Oleh warga Boliyohuto, para pemudik tersebut terindikasi tidak diperiksa oleh petugas kesehatan.

Kekhawatiran itu turut disuarakan oleh tokoh masyarakat Boliyohuto cs, Gunawan SH. Menurutnya, kini harapan warga setempat yang sudah bersusah payah menaati aturan pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi sia-sia belaka.

“Ini yang menjadi kekhawatiran kami, karena mereka (pemudik) hingga saat ini tidak diperiksa oleh petugas medis,” ungkap Gunawan.

Tak hanya di Boliyohuto, Gunawan juga menjelaskan bahwa setibanya di Gorontalo banyak pemudik dari Manado dan dari wilayah Sulteng kini menyebar ke pelosok desa dan bebas beraktivitas tanpa protokol pencegahan Covid-19.

“Intinya seluruh pemdes dan Gugus Tugas Covid-19 harus lebih serius krosscek penduduknya yang pulang ke kampung untuk tujuan mudik. ‘Kan mereka baru pulang dari wilayah zona merah, maka seharusnya diperiksa minimal di rapid test,” harap Gunawan.(yadin)