Warga Boliyohuto Tagih Janji Pemekaran ke Deprov Gorontalo, Ini Kata Politisi PDIP

Warga Boliyohuto Tagih Janji Pemekaran ke Deprov Gorontalo, Ini Kata Politisi PDIP

17/06/2019 22:12 0 By Alex

La Ode Haimudin

Hulondalo.id – Rencana pemekaran wilayah Kabupaten Boliyohuto kembali disuarakan masyarakat setempat saat sejumlah Aleg DPRD Provinsi Gorontalo menggelar Dialog Interaktif bertajuk “Menyapa Rakyat”, belum lama ini.

Terkait aspirasi masyarakat itu, Aleg DPRD Provinsi Gorontalo La Ode Haimudin menjelaskan bahwa rencana pemekaran wilayah di untuk Kabupaten Boliyohuto, Panipi dan Gorontalo Barat sudah menjadi perhatian dari para Legislator Puncak Botu tersebut.

Dikatakan La Ode Haimudin, bahwa usulan pemekaran wilayah tersebut sudah masuk prioritas untuk daerah-daerah otonom di Indonesia. Bahkan, segala persyaratan untuk pemekaran 3 Daerah Otonom Baru (DOB) tersebut sudah lengkap.

“Semuanya, dokumen dan dukungan dari kabupaten, kota dan provinsi sudah lengkap semuanya. Selanjutnya tinggal menunggu kebijakan moratorium dari pemerintah pusat,” kata politisi PDI-Perjuangan kepada Hulondalo.id, Senin (17/6/2019).

Menurut dia, ketika moratorium DOB dicabut, maka daerah-daerah yang telah diusulkan menjadi DOB akan segera menjadi prioritas. Mantan Wakil Bupati Boalemo itu menyebut, 3 usulan DOB dari Gorontalo sudah masuk dalam rencana 67 daerah kabupaten/kota dan 9 provinsi DOB di seluruh Indonesia.

“Jadi dalam catatan di pusat, semua dokumen sudah masuk. Selanjutnya tugas kami adalah berusaha mati-matian untuk memperjuangkan hal ini agar bisa cepat terwujud,” kata dia.(Rinto)