Warga Botubilotahu Pohuwato Demo Tuntut Kadesnya Dicopot

Warga Botubilotahu Pohuwato Demo Tuntut Kadesnya Dicopot

29/06/2020 20:28 0 By Yadin

Massa aksi diterima Wabup Amin Haras, Senin (29/6/2020).

Hulondalo.id – Puluhan warga Desa Botubilotahu, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato menggelar aksi demo di Kejaksaan Negeri Pohuwato, kantor Bupati Pohuwato dan gedung DPRD Pohuwato, Senin (29/6/2020).

Massa aksi meminta kadesnya diberhentikan sementara yang mereka duga telah menyalahgunakan dana Covid-19 dan anggaran desa lainnya.

Setelah menggelar aksi demo di Kejari Pohuwato, warga Botubilotahu mendatangi kantor Bupati Pohuwato yang diterima oleh Wakil Bupati, Amin Haras.

Di hadapan wabup, para orator memaparkan beberapa persoalan yang terjadi di Desa Botubilotahu dan meminta pemerintah daerah segera memberhentikan sementara Kades One Mbuinga dari jabatannya.

Bahkan, massa aksi mendesak pemerintah daerah dan memberi waktu selama sepekan untuk menindaklanjuti persoalan yang terjadi di desa mereka.

“Persoalan yang terkait dengan baik itu penyalahgunaan wewenang, penyalahgunaan keuangan di desa, pada prinsipnya kami pemerintah daerah itu sudah menyatakan tegas untuk menindak bahkan sampai pada pemberhentian, sudah beberapa kepala desa.  Tetapi tentunya, kita ada mekanisme aturan yang ada di daerah ini. Prosesnya ada, tidak seharusnya begitu kita terima tanpa kita konfirmasi pembuktian dari suatu perbuatan atau tindakan seorang aparat itu. Itu ada mekanismenya, apalagi kalau sudah diminta melalui proses hukum, itupun di sana lagi akan diproses,” terang Wabup Amin.

Demo di Kejaksaan Negeri Pohuwato.

“Jadi harus kita lihat dulu. Dan kita tegas kalau memang ada indikasi dan terbukti, selama ini kita sudah lakukan beberapa kepala desa ketika tersangkut dengan persoalan-persoalan itu, yah kita berhentikan apalagi yang sudah merugikan keuangan desa,” sambung wabup.

Demo di gedung DPRD Pohuwato.

Di gedung DPRD Pohuwato, massa aksi meminta para wakil rakyat mendorong Bupati Pohuwato untuk mempercepat pemberhentian Kades Botubilotahu. Mereka juga meminta DPRD untuk mendorong Kejaksaan Negeri Pohuwato mempercepat proses hukum Kades Botubilotahu serta meminta DPRD untuk mengevaluasi kinerja Inspektorat dan Dinas PMD Pohuwato.

Saat dikonfirmasi Kades Botubilotahu, One Mbuinga membantah apa yang menjadi tuntutan warganya. Menurutnya, tuntutan yang disampaikan oleh massa aksi itu tidak benar adanya. “Itu tidak benar,” bantah One dikonfirmasi via seluler. (din)