Warga Dusun Mutiara Desa Tolango Keluhkan Pekerjaan Bendungan

Warga Dusun Mutiara Desa Tolango Keluhkan Pekerjaan Bendungan

17/09/2021 22:13 0 By Maman

Lukum Diko

Anggota DPRD Gorontalo Utara, Lukum Diko.

Hulondalo.id – Warga Dusun Mutiara Desa Tolango Anggrek mengeluhkan pekerjaan bendungan. Bendungan tersebut menurut warga setempat kata anggota DPRD Gorontalo Utara, Lukum Diko, bukan menanggulangi bencana malah membuat bencana baru.

Lukum mengatakan, keluhan warga sudah disampaikan ke Sekretaris BPBD Gorontalo Utara.

“Prinsipnya masyarakat menyambut baik program ini, tapi ada hal-hal yang teknis yang dikritisi masyarakat,” kata Lukum, Kamis (16/9/2021).

Pintu bendungan kata Lukum, karena tidak bisa tertutup rapat. Kurang lebih ada celah selebar 70 cm yang tidak tertutup. Ketika tidak ditutup rapat lanjut Lukum, dan ada air besar, maka airnya akan meluap ke rumah penduduk.

“Dan ini terbukti, program yang di buat oleh penanggulangan bencana ini hanya membuat bencana baru terhadap mereka,” imbuhnya.

Rumah warga yang sebelumnya tidak pernah kena banjir, kini harus merasakan banjir. Luapan air karena pintu tidak tertutup sudah disampaikan, namun tidak pernah di gubris.

Lukum berharap, dalam perencanaan harus melibatkan masyarakat yang mengetahui kondisi alam itu sendiri. Sehingga ketika konsultan melakukan perencanaan, tahu apa yang harus direncanakan.

Lukum juga menambahkan, pekerjaan itu sudah disampaikan oleh masyarakat ke pihak ketiga atau kontraktor, ke pengawas, bahkan OPD terkait.

“Dan sudah disampaikan juga ke kami,” tandas Lukum. (Prin/Adv)