Warga Enggan Lanjut Dosis 2, Anggap Vaksin Hanya Pelengkap Administrasi

Warga Enggan Lanjut Dosis 2, Anggap Vaksin Hanya Pelengkap Administrasi

26/08/2021 08:11 0 By Syakir

Vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan Puskemas Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

Hulondalo.id – Informasi seputar kewajiban menunjukkan surat vaksinasi saat mengurus administrasi di kantor pemerintah, cukup ampuh mendorong warga mengikuti vaksinasi covid-19 dosis 1. Namun, ini berdampak negatif saat lanjut ke dosis 2.

Informasi yang diperoleh, antusias warga untuk mendapatkan vaksin dosis 2, tidak sebaik saat vaksin dosis 1. Padahal khususnya di Kabupaten Boalemo, dari pantauan hulondalo.id, pelaksanaan vaksinasi di lakukan dengan cara turun langsung di desa-desa, sekolah, kantor, hingga ke instansi pemerintah.

Menurut warga yang sudah di vaksin dosis 1, mereka enggan lanjut ke dosis 2, karena cukup dengan surat yang sudah diperoleh saat vaksin dosis 1, maka urusan administrasi apapun akan bisa dilakukan.

“Dari bulan Juli sampai sekarang, penurunan minat masyarakat terhadap vaksinasi itu menurun. Ada sekitaran 2000 yang belum, seharusnya bulan Agustus sudah selesai untuk dosis II,” aku Kepala Puskesmas Tilamuta, Yuningsih Pahrun, kepada hulondalo.id, Rabu (25/8/2021).

Padahal kata Yuningsih, tiap minggu ada jadwal vaksin. Selain dari puskesmas, ada juga tim dari rumah sakit dan dinas kesehatan. Jadwal pun sudah dibagikan ke desa desa.

Selain informasi tak benar alias hoaks, keengganan warga untuk vaksinasi dosis 2 itu, karena vaksinasi dianggap hanya sebagai pelengkap administrasi jika akan mengurus sesuatu di kantor desa. Sehingga surat vaksinasi dosisi 1, dirasa sudah cukup untuk memenuhi syarat administrasi itu.

“berkembang hoaks untuk pengurusan administrasi di desa harus ada bukti kartu vaksinasi, sehingga vaksinasi tahap II sudah di anggap tidak penting kalau sudah selesai vaksinasi tahap 1,” tuturnya.

Terpisah, Kapolsek Tilamuta, Iptu Harun H. Imam, mengancam akan memproses hukum oknum yang kedapatan menyebarkan berita bohong terkait vaksinasi covid-19.

Dirinya menghimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi seputar vaksinasi. Kalau memang ragu kebenarannya, lebih baik dikonfirmasi ke pihak yang berkompeten.

“Walaupun antusias masyarakat untuk di vaksin bulan ini mengalami penurunan dari bulan-bulan sebelumnya, tetapi kita bersama Danramil, aparat kecamatan dan desa tetap berusaha mengedukasi dan menghimbau masyarakat untuk bisa di vaksin,” tandas Kapolsek Tilamuta, Iptu Harun H Imam. (*)