Warga Gosoma Tobelo Blokir Jalan Menuju TPA

Warga Gosoma Tobelo Blokir Jalan Menuju TPA

15/02/2021 21:15 0 By Maman

Truk Sampah Halut

Pemblokiran jalan menuju TPA di Desa Gosoma Tobelo berdampak pada operasional truk pengangkut sampah. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Warga Desa Gosoma Tobelo Kabupaten Halmahera Utara memblokir jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Pemblokiran jalan diduga dipicu oleh tunggakan pembayaran pembebasan lahan milik warga setempat.

Pemblokiran ini terjadi sejak Sabtu (13/2/2021). Saat itu, 5 mobil truk pengangkut sampah muatan penuh, terpaksa parkir di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halut. Aroma busuk menyelimuti kawasan kantor pemerintahan.

“Kurang lebih 200 meter jalan menuju TPA adalah milik keluarga Hohakai, memang sebelumnya kami dengan pemilik lahan sudah dua kali komunikasi, untuk dilakukan pelunasan pembebasan lahan, namun karena belum ada pelunasan sehingga warga memblokir jalan,’” kata Kepala DLH Halut, Samud Taha dikonfirmasi melalui telpon Minggu (14/02/2021).

Samud juga menjelaskan, untuk pembebasan lahan sebenarnya menjadi kewenangan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Halut.

“DLH tidak tahu persis besar anggaran dan luas lahan yang harus dilakukan pembayaran, silahkan dikonfirmasi dengan dinas terkait,” tuturnya.

Untuk sementara ini kata Samud, truk pegnangkut sampah dialihkan ke TPA alternatif di jalan Dukono. Agar kawasan pemerintahan bebas dari aroma sampah tersebut.

Sementara itu, Abdu Husen kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Halmahera Utara tidak merespon ketika dikonfirmasi. (AT)