Warga Ipilo dan Padebuolo Mulai Persiapkan Tumbilotohe

Warga Ipilo dan Padebuolo Mulai Persiapkan Tumbilotohe

05/05/2019 09:26 0 By Syakir

Sejumlah Warga Kelurahan Ipilo dan Padebuolo mulai memasang tiang untuk digunakan pada Perayaan Tumbilotohe nanti, Sabtu (4/5/2019).

Hulondalo.id – Kendati Perayaan malam pasang lampu atau yang dikenal dengan istilah Tumbilotohe masih cukup lama, namun persiapannya kini mulai dilakukan oleh masyarakat yang ada di Kota Gorontalo.

Seperti yang dilakukan oleh warga Jalan Pancawardana Kelurahan Ipilo dan Pedebuolo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo yang mulai memasang tiang untuk perayaan tumbilotohe.

Ditemui Hulondalo.id, Yamin Ismail salah satu warga yang tengah mempersiapkan ornamen untuk Tumbilotohe mengatakan, alasan warga mulai melakukan persiapan Tumbilotohe, agar pada harinya nanti, tidak akan menguras tenaga dan waktu warga, saat menjalankan ibadah puasa.

Sehingga kata Yamin, persiapan berupa pemasangan tiang yang cukup menguras tenaga, maka warga menginisiatif, untuk memasang tiang dari pohon bambu tersebut sebelum pelaksanaan ibadah puasa seperti ini.

“persiapan ini sudah dimulai pekan kemarin. Yang dibantu oleh beberapa warga dan anak muda yang tergabung dalam Generasi Muda Kreatif Pancawardana,” tutur Yamin.

Yamin menambahkan, persiapan perayaan Tumbilotohe tersebut, murni dari bantuan dana masyarakat Kelurahan Ipilo dan Padebuolo yang dikumpulkan oleh panitia penyelenggara.

Dengan menggunakan 1000 lampu botol dan 400 meter lampu hias dengan jumlah tiang bambu lebih dari 100 batang bambu, ungkap Yamin.

“Meskipun Kegiatan Tumbilotohe setiap tahun dirayakan, baik dengan cara tradisional ataupun modern, namun kami tetap mempertahankan nilai tradisional, dan rencananya puncak kegiatan ini akan dimeriahkan pada perayaan hari raya ketupat lebaran nanti”, tutup Yamin. (rinto)