Warga Kota Gorontalo Diijinkan Sholat Idul Fitri di Masjid & Lapangan

Warga Kota Gorontalo Diijinkan Sholat Idul Fitri di Masjid & Lapangan

04/05/2021 20:31 0 By Maman

Rapat Walikota Marten dan Camat

Walikota Gorontalo, Marten Taha menggelar rapat bersama Camat se Kota Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Walikota Gorontalo, Marten Taha mengijinkan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1442 H di masjid dan dilapangan. Namun kata dia, harus menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan dimaksud, sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 3 dan 4 tahun 2021, yang menerangkan sholat Idul Fitri di mesjid-mesjid maupun dilapangan.

“Saya sudah tegaskan kepada seluruh Camat, untuk mengumpulkan Lurah dan RT/RW untuk memetakan masjid-masjid yang jemaahnya membludak, serta lapangan pelaksanaan sholat,” ungkap Walikota saat rapat bersama Camat se-Kota Gorontalo, Selasa (4/5/2021).

“Mereka dianjurkan untuk mengawasi jemaah dan mengimbau masyarakat untuk tetap jaga jarak, dan memakai masker,” tambah Walikota.

Tak hanya itu, dalam proses sholat Idul Fitri, Walikota mengimbau, agar khotbah sholat Idul Fitri dipersingkat, jangan terlalu lama. Agar jemaah tidak terlalu lama ditempat ibadah.

“Satgas juga teah dibentuk di Taruna Remaja dan Masjid Agung Baiturahim,” tutur Walikota.

Sebagai pemimpin, Marten selalu memikirkan keadaan rakyat Kota Gorontalo, khususnya dalam penanganan Covid-19 ini. Diimbau, aktivitas setelah sholat tak diadakan misalnya, bersilaturahmi saat dilokasi ibadah.

“Sesuai surat edaran kami juga, Idul Fitri kali ini ditiadakan halal bi halal atau open house, silakan di rumah dan keluarga masing-masing,” pungkasnya. (Inkri/Adv)