Warkop, Kafe, Rumah Makan Cs Masih Buka di Atas Jam 10 Malam Siap-siap Izinnya Dicabut

Warkop, Kafe, Rumah Makan Cs Masih Buka di Atas Jam 10 Malam Siap-siap Izinnya Dicabut

17/11/2020 21:07 0 By Alex

Perda Protokol Kesehatan Covid-19

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Gorontalo baru saja menandatangani Deklarasi Patuh Perda Protokol Kesehatan, Selasa (17/11/2020).

Deklarasi itu untuk menegakkan Perda Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Provinsi Gorontalo.

Salah satu isi perda tersebut adalah untuk memberikan sanksi tegas kepada para pelanggar protokol kesehatan, baik itu individu maupun institusi ataupun lembaga.

“Tadi kami sudah bersepakat dengan para bupati walikota untuk warung kopi, kafe, rumah makan untuk jam 10 malam sudah harus tutup,” tegas Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Selain itu, jika ditemukan masih ada tempat keramaian yang tidak menerapkan protokol kesehatan, maka melalui Perda Nomor 4 Tahun 2020 ini pihaknya akan memberikan sanksi tegas, mulai dari pembinaan hingga penutupan tempat usaha.

“Jadi nanti yang kita beri sanksi itu ada 2. Pertama, pemilik usaha itu kita cabut izinnya. Kedua, individu atau pelanggannya,” sambung Rusli.

Khusus untuk individu yang kedapatan melanggar protokol kesehatan, akan diamankan oleh petugas dan dilakukan pembinaan. Jika pelanggar masih remaja atau di bawah umur, akan dipanggil orang tuanya dan akan dilakukan pembinaan secara bersama-sama.

Pada Deklarasi Patuh Perda Protokol Kesehatan, ditandai dengan penandatanganan pernyataan bersama masing-masing Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Danrem 133/Nani Wartabone, Kabinda, Kepala Kejati Gorontalo serta bupati dan walikota se Provinsi Gorontalo.(adv/alex)