Waspada Klaster Baru Libur Panjang Pekan Depan, ‘Liburan di Rumah Saja’

Waspada Klaster Baru Libur Panjang Pekan Depan, ‘Liburan di Rumah Saja’

22/10/2020 18:40 0 By Maman

Rakor Pencegahan Covid-19 digelar Pemkab Blitar menghadapi cuti panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pekan depan. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Jelang libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pekan depan, Pemkab Blitar menggelar rapat koordinasi (rakor). Rakor dihadiri Pjs. Bupati Blitar, Budi Santoso Forkopimda dan Satpol PP Pemkab Blitar, di Ruang Rapat Kantor Bupati Kanigoro Blitar, Kamis (22/10/2020).

Sejumlah poin dibahas dalam rakor, agar angka penyebaran Covid-19 bisa diatasi dengan baik. Termasuk, penerapan prokes ditempat wisata dan fasilitas umum, sebagaimana arahan Mendagri.

Pjs Bupati Blitar, Budi Santoso mengatakan, perlu adanya tindakan pencegahan diarea yang mungkin akan ada penumpukan masyarakat, dengan menerapkan Prokes secara ketat. Dia meminta, libur panjang jangan akan memunculkan klaster baru.

“Peralatan kesehatan mandiri perlu dipersiapkan oleh masyarakat, dan tertib menjalankan 3M, berpikir bijak dalam melaksanakan aktifitas, karena saat ini sudah memasuki musim hujan atau grafik punuk unta kedua, dan dari data yang ada, pasien Covid-19 makin meroket seiring musim dingin,” kata Budi.

Ditemui usai rakor, Kasatpol PP Kabupaten Blitar melalui Sekertaris Satpol PP, Mustofa mengatakan, godaan untuk berkunjung ketempat wisata, pusat kuliner atau tempat-tempat belanja pasti akan tinggi di liburan panjang nanti.

“Satpol PP membuat surat himbauhan antisipasi penyebaran Covid-19 pada libur panjang dan cuti bersama, surat ini juga ditujukan kepada seluruh Camat untuk diteruskan kemasyarakat melaui Kades/Kalur RT/RW sesuai edaran Mendagri,” ungkap Mustofa.

Satpol PP kata dia, juga akan melakukan patroli ke seluruh tempat pariwisata dan titik keramaian. Langkah berikutnya kata dia, mempromosikan “Liburan di Rumah Saja” untuk Kesehatan dan Kebahagiannya Keluarga. Apalagi disinyalir banyak masyarakat yang jenuh dengan pembatasan disaat pandemi #covid-19 ini.

“Satpol PP dan seluruh petugas penanganan Covid-19 akan terus tanpa kenal lelah setia pada tujuan selamatkan nyawa warga Kabupaten Blitar, dengan melaksanakan sosialisasi dan penindakan terhadap masyarakat yang tidak mematuhi Prokes dalam melaksanakan aktifitasnya,” ujar Mustofa. (Anang/Kmf/Adv)