Waspada, Pinjol Ilegal Bisa Akses Kontak hingga Galeri HP Tanpa Kamu Sadari

Waspada, Pinjol Ilegal Bisa Akses Kontak hingga Galeri HP Tanpa Kamu Sadari

30/06/2021 14:06 0 By Alex

Pinjol Ilegal akses kontak

sumber: OJK

Hulondalo.id – Keberadaan financial technology (fintech) peer to peer lending atau yang familiar disebut pinjaman online (pinjol) terus menjamur.

Ada pinjol yang legal dengan status berizin dan terdaftar yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), namun tidak sedikit juga pinjol ilegal.

Biasanya, pinjol ilegal akan meminta untuk akses foto, kontak dalam galeri smartphone penggunanya. Di sinilah masyarakat harus berhati-hati. Pasalnya, belum lama ini pernah terjadi kasus kebocoran data pengguna.

“Kalau dia legal, aplikasi tidak boleh mengakses kontak, foto dan lain-lain selain kamera dan lokasi. Bagi yang ilegal, dia tidak peduli,” ujar Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen, IKNB dan Pasar Modal, OJK Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutgomalut), Ahmad Husein dikutip dari Femmy Udoki Podcast.

“Ketika menginstal aplikasi, pinjol ilegal akan meminta akses foto, kontak dan lain-lain. Kalau tidak disetujui (pengguna) maka tidak akan dapat pinjaman. Jadi ketika aplikasi terinstal, ada semacam malware yang akan copy kontak handphone tanpa kita sadari. Kalau ada pinjol legal (berbuat seperti itu), begitu ketemu, akan kami cabut izinnya,” tambah Ahmad.

Selain itu, pinjol ilegal kerap menawarkan bunga yang relatif tinggi dan kerap menagih para penggunanya dengan perilaku yang tidak menyenangkan.

OJK pun meminta kepada masyarakat agar hati-hati dengan pinjol ilegal. Pastikan untuk mengecek fintech yang terdaftar di OJK melalui link sikapiuangmu.ojk.go.id atau melalui contack center 157.

Untuk mengetahui seluk-beluk pinjol ilegal, simak penuturan Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen, IKNB dan Pasar Modal, OJK Provinsi Sulutgomalut, Ahmad Husein melalui Femmy Udoki Podcast berikut ini.

(Alex)