Waspada Resistensi Obat, Sikap Rasional & Selektif Diperlukan

Waspada Resistensi Obat, Sikap Rasional & Selektif Diperlukan

12/09/2020 21:05 0 By Maman

Kepala Dinas Kesehatan Goorntalo Utara, Yusuf Kune.

Hulondalo.id – Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune meminta masyarakat untuk lebih selektif membeli dan menkonsumsi obat, khususnya obat antibiotik. Ini kata dia, agar tidak terjadi resistensi atau kebal dengan obat.

“Obat yang aman itu yang berlabel hijau atau biru, jangan membeli obat yang berlabel merah yang bertuliskan K, saya harap masyarakat Gorontalo Utara lebih rasional, selektif dalam membeli obat untuk dikonsumsi,” kata Rizal, Jum’at (11/9/2020).

Sebelumnya, beredar informasi bahwa, pembelian obat antibiotik mengalami peningkatan. Bahkan terinformasi, instansi terkait meminta agar, pembelian obat jenis ini, dicatat dan didata termasuk nama pembeli, alamat hingga alasan.

Menanggapi hal itu, Rizal juga mengatakan, hal itu sudah menjadi budaya di masyarakat. Karenanya, diperlukan pengawsan yang lebih serta edukasi terkait obat-obat tersebut.

“Obat antibiotik tidak bisa diminum tanpa ada resep dokter, dikhawatirkan akan terjadi resistensi terhadap tubuh,” jelas Rizal.

Terkadang kata dia, keluhan yang muncul tidak harus membutuhkan obat tersebut, namun justru dikonsumsi. Dinas Kesehatan melalui seksi farmasi di Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) diminta, selalu turun melalui puskesmas untuk melakukan sosialisasi.

Sosialisasi kata mantan Camat Tolinggula ini, sudah dimulai dari bagian barat Gorontalo Utara. Bahkan kata Rizal, semasa dia masih bertugas di Kecamatan Tolinggula, konsumsi obat antibiotik mengalami penurunan.

Kondisi serupa juga sudah terjadi di di bagian timur Gorontalo Utara, seperti Kecamatan Atinggola dan Kecamatan Kwandang.

“Sakit kepala yang dirasakan langsung minum obat antibiotik, padahal itu bukan obatnya, ini yang perlu diluruskan melalui seksi farmasi,” tandas Rizal. (Prin)