Wawali: Grebek Pasar Bakal Hadir di Kota Gorontalo

Wawali: Grebek Pasar Bakal Hadir di Kota Gorontalo

23/10/2019 22:44 0 By Maman

Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono saat berkunjung ke Kantor Kementrian Kominfo beberapa waktu lalu untuk membahas program IT di Kota Gorontalo, salah satunya Program Grebek Pasar.

Hulondalo.id- Tujuan pemerintah Kota Gorontalo merealisasikan program ekonomi digital terus diseriusi. Bahkan dalam waktu dekat ini salah satu program sinergitas Kota Gorontalo yakni, Grebek Pasar, akan segera digelar.

Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono, Selasa (22/10/2019) mengatakan bahwa, Grebek Pasar merupakan kepedulian pemerintah kepada masyarakat, untuk membantu proses transformasi digital pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Program ini juga menjadi pendamping bagi para pedagang, agar mahir dalam melakukan transaksi secara online.

“Teknologi sendiri sudah masuk ke segala aspek kehidupan masyarakat, mulai dari pembelian produk kebutuhan sehari-hari, transportasi, transaksi perbankan, jasa pengiriman, pembayaran tagihan, jasa pengiriman dan masih banyak lagi,” tutur Ryan.

Ia menambahkan bahwa, pentingnya pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan perubahan dengan cara go online, akan menghadirkan keuntungan dengan cara yang baru apabila sudah mahir.

“Dalam melakukan transaksi secara online, pedagang dapat membuka cabang baru, dapat mengirim paket setiap hari, banjir pesanan, omset melesat dan pembeli tidak terbatas oleh waktu yaitu 24 jam,” imbuhnya.

Ryan juga menjelaskan bahwa, program Grebek Pasar bagian dari program pemerintah Kota Gorontalo yang terdapat dalam visi misi Pemerintah kota Gorontalo.

Nantinya kata dia, dalam penerapan program Grebek Pasar, terlebih dahulu pemerintah Pusat akan datang ke Kota Gorontalo, menggelar sosialisasi program kegiatan, dan melihat langsung kondisi pasar.

“Grebek pasar adalah program yang digagas Kominfo RI untuk pemberdayaan pedagang, agar para pedagang lebih terbuka wawasannya terhadap informasi teknologi,” kata Ryan.

Semoga Grebek Pasar dalam waktu dekat ini, akan membawa manfaat khususnya, bagi para pedagang. (Tri/Adv)