Webinar Nasional UNBITA, Thariq Papar Strategi Peningkatan & Pengelolaan BUMDes

Webinar Nasional UNBITA, Thariq Papar Strategi Peningkatan & Pengelolaan BUMDes

07/07/2021 21:27 0 By Maman

Webinar UNBITA Wabup Thariq (1)

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat menjadi pemateri dalam Webinar Nasional yang digelar UNBITA Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menjadi pemateri dalam webinar Nasional pengelolaan BUMDes, dalam mewujudkan Desa Mandiri melalui kemitraan kampus inovasi yang dilaksanakan Universitas Bina Taruna (UNBITA) Gorontalo, di ruang Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Rabu (7/7/2021).

Dalam webinar tersebut, Wabup memaparkan strategi Pemkab Gorontalo Utara, dalam peningkatan dan pengelolaan BUMDes. Berdasarkan data yang ada kata Wabup, dari Rp 103 miliar Dana Desa di Gorontalo Utara, kurang lebih 15% dialokasikan untuk penyertaan Modal BUMDes.

Dari 123 desa kata Wabup lagi, baru 1 BUMDes Maju yakni, BUMDes Kota Jin Utara, kemudian 13 BUMDes berkembang, selebihnya perintis dan pemula.

“Dari data ini, kami terus berupaya meningkatkan kapasitas dan juga profesional pengelolaan BUMDes, sehingga berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” ujar Wabup.

Ada beberapa poin lain yang disampaikan kata Wabup, dalam webinar tersebut diantaranya, perlu adanya BUMDes Klinis. BUMDes ini lanjut Wabup, menakar, menguji, menilai BUMDes yang ada, dari 3 hal yaitu, sisi sehat tidaknya, produktif tidaknya dan sustainable atau keberlangsungannya BUMDes tersebut.

Peningkatan kompetensi SDM juga diakui Wabup, penting dilakukan pengelola melalui pendidikan dan pelatihan, kemudian memperluas akses permodalan.

“Jadi, baik dari sisi penyertaan modal, juga ada upaya-upaya untuk mendorong BUMDes itu memperoleh bantuan,” tukasnya.

Sejauh ini, sudah ada kurang lebih Rp 2,3 miliar, bantuan yang diperoleh dari kementerian desa, termasuk upaya-upaya lainnya untuk membuka akses pasar dan promosi, kemudian monitoring evaluasi. (Prin/Adv)