Wilayah Pertambangan Rakyat di Gorontalo, Ini Kata Yuriko Kamaru

Wilayah Pertambangan Rakyat di Gorontalo, Ini Kata Yuriko Kamaru

14/01/2021 09:29 0 By Maman

Yuriko Kamaru

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Yuriko Kamaru.

Hulondalo.id – Keberadaan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) kata angota DPRD Provinsi Gorontalo, Yuriko Kamaru, yang terpenting adalah bisa mensejahterakan masyarakat. Persoalan yang ada selama ini kata dia, agar kembali pada aturan yang berlaku.

“WPR harus memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan keberadaan WPR ini untuk kesejahteraan rakyat, bukan untuk kesejahteraan kelompok tertentu,” kata Yuriko, Rabu (13/1/2021).

Politisi Nasdem ini menambahkan, ijin WPR juga jangan sampai tumpang tindih. Pemerintah harus menjelaskan dan memastikan bahwa ijin tidak akan menjadi tumpang tindih.

Yuriko juga meminta, keberadaan WPR memiliki studi kelayakan. Untuk memastikan bahwa, lokasi WPR ini, benar-benar mengandung logam mineral, sesuai dengan Undang-undang Nomor 3 tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batubara.

Regulasi lain juga kata Yuriko seperti, Permen ESDM Nomor 7 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemberian Wilayah, Perizinan, Dan Pelaporan Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral Dan Batubara.

“Ini harus menjadi acuan pemerintah mewujudkan benar-benar wilayah pertambangan rakyat ini adalah untuk mensejahterakan rakyatnya,” ungkap Yuriko.

“Khawatirnya, kondisi lingkungan dan keadaan rakyat di wilayah tersebut tidak akan berkembang secara signifikan dan masih dalam kondisi yang sama seperti sebelumnya,” tambah Yuriko.

Wakil Rakyat asal Bone Bolango ini juga mengharapkan, selain pendekatan untuk kesejahteraan masyarakat, jangan juga merusak lingkungan.

“Jangan menimbulkan bencana baru terhadap lingkungan pertambangan”, tutupnya. (MG01)