Wisata Geopark, Destinasi Edukasi di Gorontalo

Wisata Geopark, Destinasi Edukasi di Gorontalo

23/02/2021 23:40 0 By Maman

Dialog Wisata Geopark Provinsi Gorontalo

Dialog Kopi Lolango digelar Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo bersama Pemerintah Kota/Kabupaten di Provinsi Gorontalo. (foto:inkri)

Hulondalo.id – Wisata Geoprak menjadi destinasi edukasi yang terus dimaksimalkan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo. Destinasi ini antara lain, Otajin, Hiu Paus, Pulau Cinta, Benteng Otanaha, Pantai Biluhu dan wisata lainnya yang berpotensi.

“Kita akan berdayakan masyarakat sekitar wisata termasuk ada unsur edukasi terhadap pariwisata tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli M. Katili saat di Wawancarai, Selasa (23/2/2021).

Dengan begitu kata Rifli, pengunjung yang datang ada cerita, ada pendidikannya. Masyarakat kata dia, juga harus bersama menjaga melestarikan wisata geopark tersebut.

“Ini akan meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat, termasuk bersama melestarikan konsep geopark ini,” tambah Rifli.

Destinasi wisata kata Rifli lagi, tidak semata menikmati pemandangan alam. Banyak faktor lainnya, tentu berbagai kepentingan ada di dalamnya. Apalagi kata dia, konsep ini juga akan di dorong melalui kementerian, sejumlah OPD, pendidikan kebudayaan, Perikanan dan lainnya.

Terpisah, dijelaskan Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki, 2 tahun belakangan riset sudah dilakukan untuk membentuk konsep Geopark tersebut. Budiyanto optimis terhadap konsep Geopark di Gorontalo.

“Sebab, kita sudah melihat bentuk-bentuk geopark ditempat lain seperti di Jepang, Jerman, itu sederhana sekali, namun memiliki storytelling atau cerita yang kuat, dan membuat cenderung orang ingin melihatnya.

“Wisata Otajin misalnya, itu punya nilai mitologi luar biasa dan sejarah geologi yang luar biasa, kita juga mengusulkan yang ikon itu, Danau Limboto,” tambahnya.

Budiyanto berharap, kesadaran warga penting untuk tidak membuang sembarang limbah, terutama sampah plastik.

“Dukungan semua pihak, baik media dan komunitas bekerjasama dengan OPD, mendorong konsep Geopark di Gorontalo,” pungkasnya. (MG01/Adv)