Wisuda Drive Thru, Cara UNG Beri Kelulusan yang Layak Bagi Mahasiswa

Wisuda Drive Thru, Cara UNG Beri Kelulusan yang Layak Bagi Mahasiswa

26/09/2020 21:19 0 By Syakir

Wisuda drive thru di Universitas Negeri Gorontalo, Sabtu (26/9/2020). (foto: humas)

Hulondalo.id – Wisuda konsep drive thru menjadi tren baru bagi sejumlah perguruan tinggi, di masa pandemi. Tak terkecuali Universitas Negeri Gorontalo (UNG), yang Sabtu (26/9/2020), mewisuda 300 mahasiswanya dengan cara drive thru.

Tak seperti drive thru yang biasanya ada di gerai makanan siap saji, untuk proses wisuda, setelah memasuki lokasi utama dengan kendaraan, wisudawan tetap diwajibkan turun dari kendaraan untuk diwisuda oleh rektor, kemudian balik lagi ke kendaraan mereka. Seluruh prosesi berjalan tak sampai beberapa menit.

“Perayaan wisuda di tengah pandemi saat ini, dengan metode Drive Thru, tetap saja merupakan sebuah pencapaian dan kebanggaan tersendiri”, ungkap Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, S.T., MT.

Wisuda konsep drive thru sendiri untuk mengakomodir keinginan mahasiswa terhadap proses kelulusan yang layak tanpa harus melepas momen inti dalam proses wisudanya.

 

Masih kata Eduart, wisuda harus dilihat dari dua sisi. Pertama, sebagai ritual dan tradisi akademik dan Kedua, wisuda adalah bahan refleksi bahwa, wisuda bukan sebuah akhir tapi justru adalah awal dari perjalanan panjangan pengabdian pada masyarakat.

Sementara itu dari 300 mahasiswa yang diwisuda Sabtu siang, 5 di antaranya menyandang gelar doktor (S3); 45 dengan gelar magister (S2); 248 bergelar sarjana, dan sisanya 2 lagi bergelar Diploma III (D3). (adv)