Wujudkan Target SDGs di Gorontalo, Rektor UNG Bangun Kerjasama sampai Jerman

Wujudkan Target SDGs di Gorontalo, Rektor UNG Bangun Kerjasama sampai Jerman

13/12/2020 17:27 0 By Alex

UNG

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr Ir H Eduart Wolok ST MT usai menandatangani kerjasama dengan GIZ-Federal Republic of Germany dalam mendorong pencapaian target-target SDGs di Provinsi Gorontalo, Kamis (10/12/2020).

Hulondalo.id – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) berhasil gandeng GIZ-Federal Republic of Germany dalam mendorong pencapaian target-target Sustainable Development Goals (SDGs) di Provinsi Gorontalo.

Bahkan, tercatat hanya 4 universitas di Indonesia yang diprioritaskan untuk kerjasama oleh pihak GIZ, dan salah satunya UNG yang terlebih dahulu melakukan penandatanganan kerjasama yang ditandatangani langsung oleh Rektor UNG, Dr Ir H Eduart Wolok ST MT di depan principle advisor GIZ-Gorontalo, Bobby R Payu MSi, belum lama ini.

Sedangkan dari pihak GIZ-Jerman adalah Director of Finance and Administration of GIZ, Dr Wibke Kretschmann, dan juga Principle Advisor of GIZ-Jerman in Indonesia, Zulazmi.

UNG menjadi salah satu mitra mulai akhir 2020-2022 dalam program pencapaian target SDGs di Provinsi Gorontalo.

Kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Rektor UNG untuk mendorong pencapaian tujuan SDGs atau pembangunan berkelanjutan di Provinsi Gorontalo melalui SDGs Center UNG.

Rektor UNG, Dr Eduart Wolok menyampaikan, UNG fokus Localizing SDGs Desa yang selaras juga dengan Permendes Nomor 13 Tahun 2020 tentang SDGs Desa, sehingga dapat mendorong tercapainya SDGs tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

“Olehnya, upaya kolaborasi UNG dengan berbagai pihak, baik pemerintah, Non-State Actor (NSA) maupun kerjasama dengan pihak internasional diharapkan akan mewujudkan cita-cita agenda nasional dan global pada Tahun 2030,” kata Eduart.

Sementara itu, Kepala Pusat Studi SDGs UNG, Dr Raghel Yunginger MSi menyampaikan, terdapat 8 key activities yang dijabarkan menjadi 17 sub kegiatan yang dikerjasamakan dengan pihak GIZ-Jerman.

Kegiatan ini mendorong capacity building bagi state actor dan NSA sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian SDGs di Provinsi Gorontal mulai dari perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi serta sistem pelaporan yang sesuai dengan 17 Goals SDGs.

“Pencapaian target SDGs ini berbeda dengan MDGs di mana saat ini semua pihak diajak bergotong royong dan berperan dalam pencapaian SDGs, di antaranya masyarakat tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, hidup sehat dan sejahtera, lingkungan yang lestari dengan prinsip semua merasakan kesejahteraan itu no one left behind (tanpa terkecuali),” kata Raghel.

Terpisah, Wakil Rektor 4 UNG, Prof Ikhfan Haris menyampaikan, adanya kerjasama UNG dengan pihak GIZ-Jerman ini menjadi salah satu upaya UNG menuju UNG unggul dan berdaya saing baik di kancah Nasional maupun internasional.

“Kerjasama ini wajib dijaga kualitasnya sehingga akan selalu berkelanjutan,” katanya.

Ketua LPPM-UNG, Prof Ishak Isa MSi menyampaikan janjinya akan mengawal kerjasama ini dan membuka peluang kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian berbasis SDGs baik di Provinsi Gorontalo maupun di kawasan Teluk Tomini.(Mg01)