Yes! Gaji 13 PNS Cair Mulai Besok, di Daerah Bagaimana?

Yes! Gaji 13 PNS Cair Mulai Besok, di Daerah Bagaimana?

09/08/2020 17:30 0 By Alex

Gaji 13

Hulondalo.id – Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipastikan akan menerima gaji 13 besok, Senin (10/8/2020).

Kepastian itu menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang pemberian gaji, pensiun, tunjangan atau penghasilan ke-13 tahun 2020 kepada PNS, prajurit TNI, anggota Kepolisian, pegawai non negeri sipil dan penerima pensiunan atau tunjangan.

“PMK (Peraturan Menteri Keuangan) sudah selesai dan Senin sudah bisa dicairkan,” ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan RI, Andin Hadiyanto, seperti dikutip dari CNBC Indonesia.

Adapun yang berhak mendapatkan gaji 13 adalah pejabat setingkat eselon III ke bawah. Untuk pejabat eselon I dan II tidak mendapatkan gaji 13.

Pencairan gaji 13 juga tidak termasuk tunjangan kinerja. Gaji 13 ini sama halnya dengan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS yang dicairkan pada Mei 2020 silam.

Namun, bagaimana dengan pencairan gaji 13 di daerah?

Kepala Bidang Anggaran, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Suwartono Hulawa ketika dikonfirmasi menjelaskan, pencairan gaji 13 di daerah sejatinya membutuhkan proses.

Menurutnya, setelah PP Nomor 44 Tahun 2020 itu pemda akan membuat aturan turunan berupa Peraturan Kepala Daerah (Perbup/Perwako) atas pelaksanaan PP Nomor 44 tersebut.

“Jadi PP itu akan dibuatkan Perbup terkait pelaksanaan pembayaran. Perbupnya rencana diajukan besok (Senin). Kalau kita di Kabupaten Pohuwato, daftar gajinya memang sudah disiapkan,” ujar Suwartono, Ahad (9/8/2020).

Setelah Perbup tersebut diajukan, maka pihaknya melalui Badan Keuangan Daerah akan melakukan proses untuk tahapan pencairan.

“Kalau Perbupnya keburu besok (Senin), Selasa sudah proses di keuangan. Jadi, Rabu atau Kamis baru pencairan di rekening masing-masing,” jelas Suwartono.

Ditambahkannya pula, pejabat eselon II di lingkungannya masih akan mendapatkan pencairan gaji 13. Yang tidak mendapat gaji 13 adalah kepala daerah dan DPRD.(Yadin)