Yes!! Gorontalo dapat 2 Kapal Pelra dari Kemenhub RI

Yes!! Gorontalo dapat 2 Kapal Pelra dari Kemenhub RI

10/08/2019 21:22 0 By Alex

Contoh kapal Pelra bantuan Kementrian Perhubungan RI tahun 2018 lalu. Upaya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie untuk menghadirkan bantuan tersebut kian dekat terealisasi. (f. istimewa)

Hulondalo.id – Berkat perjuangan Gubernur Rusli Habibie, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI akhirnya memberikan bantuan 2 unit kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) untuk Gorontalo.

Sebelumnya, Kapal Pelra merupakan kapal kayu untuk transportasi laut. Pelra berbobot 35 GT dengan daya angkut 24 penumpang dan 5 anak buah kapal. Selain penumpang, Pelra juga mampu menampung barang seberat 10 ton.

“Alhamdulillah berkat perjuangan Bapak Gubernur, kita mendapatkan 2 alokasi kapal Pelra dari Kementerian Perhubungan RI,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro, Sabtu (10/8/2019).

Rencananya, 2 kapal Pelra itu akan diperuntukkan bagi warga di kepulauan Ponelo, Kabupaten Gorontalo Utara dan untuk Kabupaten Pohuwato.

“Tidak mudah untuk meyakinkan pemerintah pusat. Sebab banyak daerah juga menginginkannya. Di sisi lain, alokasinya sangat terbatas hanya 50 unit untuk seluruh Indonesia,” kata Jamal.

Jika upaya itu terwujud tahun 2019 ini, bantuan Kapal Pelra selanjutnya akan diteruskan ke Pemkab Gorut dan Pohuwato. Pengelolaanya ditangani oleh instansi teknis atau bisa dikerjasamakan dengan BUMD setempat.

Kapal Pelra diharapkan juga dapat mendukung transportasi pariwisata Pulau Saronde di Gorut dan pulau-pulau lainnya di Pohuwato. Menyangkut tarifnya nanti akan diatur berdasarkan SK Bupati.(usman)