Yes! Mulai 1 Maret, Dari KPR hingga Kredit Kendaraan Bermotor Bebas Uang Muka

Yes! Mulai 1 Maret, Dari KPR hingga Kredit Kendaraan Bermotor Bebas Uang Muka

19/02/2021 15:56 0 By Alex

bebas uang muka

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Hulondalo.id – Setelah pemerintah memberikan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Bank Indonesia akhirnya mengesahkan penerapan kebijakan Down Payment (DP) 0% alias bebas uang muka untuk kredit kendaraan bermotor.

Kebijakan bebas uang muka kredit kendaraan bermotor ini rencananya akan berlaku mulai tanggal 1 Maret sampai akhir tahun 2021 mendatang.

“Melonggarkan uang muka kredit kendaraan bermotor 0% untuk semua jenis kendaraan untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian. Berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021,” kata Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo melalui siaran pers diterima Hulondalo.id, Kamis (18/2/2021).

Tak hanya DP untuk kendaraan bermotor, Bank Indonesia juga menetapkan Loan to Value (LTV) dan Financing to Value (FTV) sebesar 100% untuk kredit properti.

Artinya, masyarakat yang ingin memperoleh kredit properti, termasuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), akan bebas dari uang muka. Ketentuan ini juga akan berlaku mulai 1 Maret 2021 mendatang.

“LTV dan FTV menjadi 100% untuk semua jenis properti baik tapak, susun, dan ruko bagi bank yang memenuhi rasio NPL (Non Performing Loan/kredit bermasalah) tertentu serta menghapus pencarian bertahap properti inden untuk mendorong pertumbuhan kredit degan mempertahankan prinsip kehati-hatian dan pengendalian risiko. Berlaku 1 Maret 2021,” kata Perry.(alex)