Yes! Tenaga Honorer pun Bakal Dapat Bantuan Rp 600 Ribu per Bulan

Yes! Tenaga Honorer pun Bakal Dapat Bantuan Rp 600 Ribu per Bulan

14/09/2020 16:53 0 By Alex

bantuan Rp 600 Ribu honorer

Ratusan honorer atau Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo saat Apel Korpri. (F. dok 2019).

Hulondalo.id – Bantuan berupa subsidi gaji/upah Rp 600 Ribu per bulan rencananya akan diperluas lagi dengan menyasar kepada seluruh tenaga honorer di Indonesia.

Seperti diketahui, bantuan subsidi gaji Rp 600 Ribu tersebut kini tengah direalisasikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia.

Dalam sebuah konferensi pers secara virtual, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pihaknya tengah melakukan pengkajian untuk memberikan bantuan subsidi gaji Rp 600 Ribu per bulan kepada seluruh tenaga honorer.

Pasalnya, sebagian kecil tenaga honorer di seluruh Indonesia telah mendapatkan bantuan tersebut karena mereka telah menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi sebagian kecil sudah ada yang mendapatkan bantuan dari data BPJS Ketenagakerjaan. Jadi ini nanti akan diarahkan kepada seluruh tenaga honorer, kita akan siapkan program dan detailnya,” kata Airlangga, Senin (14/9/2020).

Selain bantuan subsidi gaji Rp 600 Ribu kepada honorer, Airlangga juga menyebut pemerintah akan melanjutkan program kartu prakerja khusus bagi karyawan informal. Hingga September ini, sudah ada 3,8 Juta orang di seluruh Indonesia mendaftar program tersebut.

“Sampai akhir September diprediksi sampai 5,6 Juta pendaftar. Kartu prakerja masih dibahas di Kemenkeu,” katanya.

Terkait kepesertaan tenaga honorer khususnya di Provinsi Gorontalo, rupanya belum seluruhnya tercover sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan.

Belum lama ini, Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Gorontalo, Hendra Elfian mengakui sudah ada pemerintah daerah yang memasukkan tenaga honorer sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, namun kepesertaannya belum dilakukan secara menyeluruh.

“Kita harapkan semuanya bisa tercover,” kata Handra.(jeff/alex)