Yuk, Dapetin Beasiswa KIP di Universitas Terbuka

Yuk, Dapetin Beasiswa KIP di Universitas Terbuka

26/06/2020 13:27 0 By admin

Hulondalo.id – Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Selain itu, KIP-Kuliah ditujukan untuk mendorong pembangunan sumberdaya manusia yang kompeten dan berdaya saing menuju Indonesia Maju, khususnya bagi masyarakat Gorontalo.

KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang emenuhi persyaratan keterbatasan ekonomi tetapi memiliki prestasia kademik.

Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi sesuai dengan tujuan pemberian beasiswa KIP-Kuliah dan memastikan penerima beasiswa benar-benar memiliki potensi dan motivasi tinggi untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Peserta KIP Kuliah 2020 adalah lulusan SMA/sederajat tahun 2020, 2019 atau 2018 yang belum menjadi mahasiswa. KIP-Kuliah memberikan akses kepada seluruh lulusan SMA/sederajat di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi.

Universitas Terbuka sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang diberi kepercayaan oleh Pemerintah untuk menerima dan mengelola mahasiswa melalui jalur KIP-Kuliah yang sebelumnya bernama beasiswa Bidikmisi.

Kepercayaan ini diberikan karena Universitas Terbuka telah berpengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan jarak jauh dan daring untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.

Berbagai layanan administrasi akademik juga telah disediakan secara daring (online) sehingga lebih memudahkan mahasiswa UT, seperti layanan pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi matakuliah setiap semester bagi mahasiswa melalui https://sia.ut.ac.id/.

Di samping layanan belajar secara luring (offline), UT telah menyediakan beragam bentuk layanan bantuan belajar secara daring (online) untuk membantu mahasiswa lulus tepat waktu dan berprestasi. Seperti tutorial online, tutorial webinar, UT Radio, UT TV, ujian online, dan perpustakaan digital.

Layanan perpustakaan digital dapat diakses melalui https://www.pustaka.ut.ac.id/ yang menyediakan beragam bahan bacaan (e-resources), baik itu bahan bacaan umum (e-book), jurnal nasional dan internasional (e-journal), dan karya-karya referensi online lainnya.

Bagi mahasiswa UT juga disediakan layanan Ruang Baca Virtual (RBV) dan bahan ajar digital (http://bahanajar.ut.ac.id/).

Jadi, jangan ragu lagi untuk kuliah di Universitas Terbuka dengan beasiswa KIP-Kuliah. Program studi yang ditawarkan dengan program beasiswa KIP-Kuliah di UT Gorontalo, adalah Program Studi S1 Administrasi Negara.

Bagi yang ingin mendaftar dapat dilakukan melalui melalui laman: kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store. Informasi lebih detil dapat menghubungi UT Gorontalo melalui No HP/WA 082189004878, atau bisa datang langsung ke kantor UPBJJ-UT Gorontalo dengan ketentuan prosedur kesehatan yang berlaku. Odu’olo. (adv)